19 Sep

Jual Karpet Masjid Bekasi Langsung Dari Pabriknya

Jual karpet masjid Bekasi langsung dari pabriknya saat ini ada beberapa tempat yang menyediakannya. Namun mungkin belum banyak yang mengetahui sejarah dari keberadaan karpet di dunia dan cara mencucinya yang benar. Berikut adalah penjelasannya.

sejarah karpet

Karpet masjid akhir-akhir ini memang mulai banyak digunakan di masjid-masjid Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menggantikan fungsi dari sajadah, supaya jamaah masjid tidak perlu membawa sajadah dari rumah jika ingin beribadah di masjid. Banyaknya permintaan bahkan memicu munculnya toko jual karpet masjid online.

Sejarah karpet itu sendiri berasal dari kehidupan masyarakat nomaden yang berpindah-pindah domisili. Masyarakat nomaden ini suka berburu dan membutuhkan sebuah alas dan pelingkup untuk hidup mereka yang berpindah-pindah. Karpet di zaman dulu pengerjaannya adalah dengan teknik simpul tanpa mesin (dengan tangan). Fungsinya adalah sebagai pelingkup lantai, dinding, aspek dekorasi, investasi, dan juga koleksi pribadi.

Karpet berkembang di Persia dan sudah ada sejak abad ke-15. Para wanitalah yang memproduksi karpet. Bahkan di zaman dulu, satu karpet ukuran besar bisa menghabiskan 3 tahun dalam membuatnya. Maka dari itu harganya sebanding dengan waktu membuatnya.

Saat ini karpet berkembang semakin pesat, salah satunya dengan kehadiran karpet masjid meteran. Harga karpet masjid meteran ini pun berbeda-beda tergantung dari kualitas dan jenisnya.

Cara mencuci karpet masjid

Mencuci karpet masjid tidak sama dengan mencuci sajadah karena ukurannya lebih besar. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencucinya agar tidak bau:

  1. Rentangkan karpet di lantai dan bersihkan debu yang menempel dengan bantuan vacuum cleaner. Cara ini penting untuk dilakukan karena kotoran karpet masjid pada umumnya adalah debu.
  2. Setelah itu, pindah karpet ke tali jemuran gantung atau disangga dengan alat bantu lainnya.
  3. Semprot karpet dengan air dan pastikan agar tidak ada air yang menggenang di bagian karpet tersebut karena jika ada air yang tergenang, lem karpet bisa jadi rusak. Semprot dengan air berkekuatan tinggi untuk melunturkan kotoran.
  4. Lumuri karpet dengan sabun khusus karpet dan sikat bagian yang kotor dengan sikat yang lembut.
  5. Bilas dengan air yang disemprot dengan kekuatan sedang agar tidak merusak serat karpet yang sudah disabun.
  6. Keringkan karpet tanpa terkena sinar matahari secara langsung. Cukup diangin-anginkan saja.
  7. Setelah kering, taburi dengan baking soda selama 30 menit. Lalu, bersihkan baking soda dengan vacuum cleaner untuk mendapatkan karpet bersih dan tidak berbau.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai jual karpet masjid di Bekasi langsung dari pabriknya dan juga sejarah serta cara membersihkannya yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.